• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Unknown - - 0 komentar


Koneksi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya secara nirkabel semakin beragam. Mulai dari Infrared, Bluethoot dan WiFi, kini ada juga yang namanya NFC (Near Field Communication).
Salah satu ponsel yang sudah menggunakan NFC adalahNokia dengan symbian Belle-nya dan Blckberry yang menggunakan OS 7. Pada ponsel smartphone, teknologi ini digunakan untuk mempermudah tansfer data. Jadi, pengguna ponsel dapat mengirimkan gambar, foto dan video ke perangkat yang mendukung teknologi NFC lainnya tanpa perlu mengaktifkan bluethoot dan cukup dengan menempelkan kedua ponsel tersebut. Nemun tidak hanya itu, masih banyak keuntungan lain yang dapat dimanfaatkan dari teknologi NFC ini.

Konon kabarnya NFC diadopsi kedalam sistem operasi Windows 8 buatan Microsoft. Kehadiran NFC di Windows 8 ini lebih diutamakan untuk pengguna Windows 8 di tablet PC, terlebih untuk menawarkan beragam layanan yang ditawarkan NFC.


 


Sebenarnya NFC adalah pengembangan dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang digunakan ke dalam perangkat mobile seperti ponsel untuk berbagai keperluan. Teknologi NfFC menawarkan tingkat kenyamanan dan keamanan tinggi. Gerakan atau sentuhan sederhana dapat memungkinkan berbagai perangkat seperti tablet, notebook, PC, smartphone dan perangkat komputasi lain, untuk dengan mudah berinteraksi satu sama lainatau dengan perangkat pasif seperti tag, label dan poster. NFC juga dapat digunakan untuk mentransfer kontrol dri satu perangkat ke perangkat lain, seperti untuk melekukan transfer panggilan video dari ablet ke perangkat lain yang sudah mendukund adanya teknologi NFC.




 


Berdasarkan definisi, NFC (Near Fiald Communication) adalah salah satu teknologi konektivitas wireless jarat dekat yang memungkinkan interaksi dua arah antara perangkat elektronik yang lebih aman dan simpel. NFC jga memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara contactless, mengakses konten digital dan melakukan koneksi dengan perangkat elektronik hanya dengan satu sentuhan. NFC berkomunikasi via induksi meda magnet, dimana dua perangkat terletak diarea yang berdekatan yang secara efektif membentuk sebuah transformator dengan inti udara. Komunikasi antar dua perangkat yang mendukung teknologi NFC ketika perangkat tersebut berada dalam jarak kurang dari 20 cm atau lebih dekat lagi satu sama lain. NFC beroperasi dalam frekwensi radio 13.56 MHZ yang berlisensi ISM band.

Selain itu, NFC merupakan teknologi yang dapat menulis dan membca dat yang dilakukan dalam koneksi. Kecepatan transfer data yang dapat dilakukan menggunakan NFC beragam, antara lain 106 Kbps, 212 Kbps dan 424 Kbps. Keunukan dari NFC ini terleak pada kemampuannya untuk mengubah mode operasinya menjadi reader/writer, peer to peer, atau card emulation. Mode operasi yang berbeda tersebut berdasar pada ISO/EIC 18092 dan ISO/EIC 14443 contacless smart card standard.

Untuk perbandingan, pada tabel dibawah ini Anda dapat melihat perbedaan antara Bluethoot dan NFC. Dimasa depan akan muncul berbagai produ ponsel ternama yang dilengkapi teknologi NFC. Produk onsel pertama yang dilengkapi teknologi NFC yang awalnya sudah dipasarkan di Eropa dan Amerika adalah Samsung Nexus S, dilengkapi dengan NFC controller chip produk NXP (Phillips) yaitu PN544. Phillips kini merupakan produsen ternama untuk kartu RFID. Samsung Nexus S menggunakan sistem operasi Android versi Gingerbred yang didukung oleh Google. Google sendiri sudah mempersapkan berbagai aplikasi teknologi NFC pada ponsel.



Perbandingan kemampun NFC dan Bluethoot

NFC
Bluethoot
Bluethoot Low Energy
RFID compatible
Standardisation body
Network Standar
Network Tipe
Cryptography
Range
Frequency
Bit rate
Set-up Time
Power consumption
ISO 18000-3
ISO/EIC
ISO 13157 atc.
Point-to-point
Not with RFID
< 0.2 m
13.56 Mhz
424 kbit/s
< 0.1 s
< 15mA (read)
Active
Bluethoot SIG
IEEE 803.15.1
WPAN
Available
~10 m (class 2)
2.4-2.5 GHz
2.1 Mbit/s
< 6 s
Varies with class
Active
Bluethoot SIG
IEEE 803.15.1
WPAN
Available
~100 m
2.4-2.5 GHz
~1.0 Mbit/s
< 0.006 s
< 15 mA (transmit or receive)

Leave a Reply