• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Unknown - - 0 komentar

Alkisah pada bulan maret 2012. Sebuah (atau seekor) robot berbentuk cheetah yang didesain oleh PENTAGON dicoba untuk ditandingkan dengan Usain Bolt, manusia tercepat di muka bumi pemenang olimpiade untuk cabang atletik lari 100 m.

Saat itu sang robot tercecer jauh saat bertanding lari dengan Bolt. Catatan waktu rata-rata hanya 18 mph (mil per jam), kalah jauh dibandingkan dengan catatan waktu Bolt 27,79 mph.

Cheetah, nama popular robot tersebut, didesain oleh sebuah perusahaan bernama Boston Dynamics yang didirikan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency), group militer yang sama yang menghadirkan teknologi internet untuk kita.

7 bulan kemudian, tepatnya awal september 2012, Cheetah kembali diujicoba. Hasilnya? Kecepatan larinya kini mencapai 28,3 mph. Itu artinya Cheetah kini lebih cepat berlari, mengungguli kecepatan Usain Bolt yang hanya 27,79 mph.

Faktanya, Bolt hanya bisa berlari dengan kecepatan maksimal sepanjang 20m. Sedangkan Cheetah dengan kecepatan terbaiknya secara teori mampu menyelesaikan balapan marathon kurang dari 1 jam. Wow!

Boston Dynamic sendiri mengatakan bahwa untuk mencapai kecepatan yang sekarang, mereka telah menambah sumber daya untuk Cheetah, dan memperbaharui algoritma pengontrolan gerakan kakinya. Desainer Cheetah juga berharap, suatu saat nanti Cheetah mampu berlari dengan kecepatan 70 mph, dahsyat!

dari ruang laboratorium, Boston Dynamics juga berencana untuk 'melepas' Cheetah agar dapat berlari di segala medan luar ruang.

Mengapa Cheetah dibuat?

DARPA sebagai penggagas mengemukakan alasan pembuatan Cheetah. Robot ini dapat mewbantu tentara dalam pertempuran di lapangan kelak suatu hari nanti. Mungkin bisa menggantikan anjing pelacak tapi dengan kecepatan yang lebih baik.

Namun dalam kondisi dunia yang relatif damai sekarang ini, alasan pembuatan Cheetah jadi kurang mengena. Seperti ketika internet diperkenalkan oleh DARPA, kegunaannya bahkan memiliki dampak lebih luas untuk pengetahuan secara umum.

Dan, DARPA pun buru-buru menambahkan bahwa suatu saat nanti, Cheetah juga dapat berperan penting dalam teknologi agrikultur maupun transportasi dan perjalanan.

Jadi, apakah nanti Cheetah akan ikut di kejuaraan Olimpiade dan meraup semua medali cabang lari? Kita lihat saja nanti.

Leave a Reply