• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Unknown - - 0 komentar

Kali ini saya akan menulis tentang kabel UTP. Nah to the point aja! Apa sih kabel UTP itu?
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan kabel yang digunakan untuk transmisi data. Dalam pembuatan kabel UTP, kita memerlukan konektor (yang penulis adalah RJ-45). Konektor RJ-45 digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer atau komputer ke hub.

Untuk dapat membuat kabel UTP bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
¤ Kabel UTP sesuai keperluan.
¤ Konektor (penulis menggunakan RJ-45) yang lebih untuk mencegah kemungkinan terjadinya kesalahan.
¤ Tang khusus buat pasang konektor ke kabel UTP atau istilah kerennya "crimp tools" yang digunakan untuk menanam konektor ke kabel UTP. Jadi sekali di crimping/di "tang" maka konektornya tidak dapat di copot lagi.
¤ Lan tester: digunakan untuk mengecek apakah pemasangan konektor ke kabel sudah benar atau belum.

Ok! Peralatan sudah siap. Penulis mulai saja. Secara umum pemasangan kabel UTP tersebut terdiri dari 2 tipe yaitu;
~ Straight: digunakan untuk koneksi dari komputer ke hub (beda jenis).
~ Cross: digunakan untuk koneksi dari 1 komputer ke komputer lainnya (satu jenis).

Kita bahas dulu tentang kabel tipe STRAIGHT
Cara memasangnya lumayan gampang. Standar urutannya adalah dari kiri ke kanan di lihat dari lubang konektornya. Urutan warnanya adalah sebagai berikut;

Pada ujung kabel 1
1. Orange putih
2. Orange
3. Hijau putih
4. Biru
5. Biru putih
6. Hijau
7. Coklat putih
8. Coklat

Waktu memasangnya, perhatikan susunan kabelnya. Pastikan sudah benar. Susun kabel sesuai dg daftar lalu ratakan dengan pisau pemotong yang terdapat pada crimp tools. Setelah itu masukkan ke dalam konektor, pastikan lg urutan di dalam konektor benar. Kemudian "crimping" konektor menggunakan crimp tools sampai terdengar bunyi "tik". Perhatikan agar Anda menekannya yang keras, kalau tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus kedalam isolasi kabel. Jika sudah maka lakukan lagi hal yang sama pd ujung yang lainnya. Dengan urutan warna sebagai berikut;

1. Orange putih
2. Orange
3. Hijau putih
4. Biru
5. Biru putih
6. Hijau
7. Coklat putih
8. Coklat

Kemudian Anda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung kabel kealatnya, kemudian nyalakan, jika lampu led yang terdapat pada LAN tester menyala semua dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Tetapi jika ada salah satu yang tidak menyala otomatis pada pin nomor tersebut mungkin ada masalah. Cara paling mudah yaitu tekan (crimping) lagi menggunakan tang. Kemudian test lg. Jika masih gagal, kemungkinan besar Anda belum beruntung. Cobalagi sampai berhasil.

Tipe CROSS
Cara pemasangannya sebenarnya juga mudah, ujung 1-nya sama seperti tipe STRAIGHT hanya saja ujung yang lainnya memiliki susunan warna yang beda yaitu;

1. Hijau putih
2. Hijau
3. Orange putih
4. Biru
5. Biru putih
6. Orange
7. Coklat putih
8. Coklat

Sudah agak lebih mengertikah? Jadi disini posisi nomor 1, 2, 3 dan 6 saling bertukar. Jika di test menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Jika tipe satunya menyalanya berurutan dari 1-2-3-4-5-6-7-8 maka yang lain adalah 3-6-1-4-5-2-7-8.
Ok! Selamat mencoba dan membangun jaringan komputer. Semoga Anda dapat berhasil sewaktu melakukan pemasangan konektor pada kabelnya. Demikian tulisan saya mengenai cara membuat sambungan kabel UTP untuk jaringan komputer. Semoga dapat berguna bagi Anda-anda semua. Terima kasih . . . . . . . . . .

Leave a Reply