• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Unknown - - 4 komentar

Makin majunya industri teknologi selular berimbas pada makin mantapnya performa di bidang layar. Perkembangan teknologi layar bisa dilihat dari jenis LCD yang digunakan masing-masing vendor. Seperti Android Samsung yang identik dengan jenis layar Super AMOLED. Atau LG yang sebagian besar memasang jenis layar IPS LCD. Lalu seperti apa sih perbedaan masing-masing layar dan apa kelebihannya?

Yang pertama adalah jenis TFT. Selain TFT-LCD ada jenis IPS-LCD (In-Plane Switching LCD). Kalau TFT LCD lebih menekankan ke kualitas gambar maka IPS-LCD menekankan sudut penglihatan yang lebih baik dan hemat energi dibanding TFT LCD. Jika TFT LCD hanya menggunakan satu transistor pada tiap piksel maka IPS-LCD menggunakan dua transistor. Jenis lainnya dari tipe ini adalah S-LCD (Super LC). Layar S-LCD terkenal untuk kecerahan dan kejelasan yang lebih baik. Serta sudut pandang lebar yang akan memberikan kontribusi maksimal untuk kualitas media visual.

Perkembangan berikutnya dari teknologi layar adalah dikembangkannya jenis layar OLED (Organic Light Emitting Diod). OLED memiliki beberapa keunggulan dibanding LCD, antara lain lebih tipis, ringan dan sudut pandang yang lebih baik. Namun kelemahannya layar OLED sulit dilihat di bawah sinar matahari.

Kemudian layar AMOLED (Active Matrix OLED), AMOLED menampilkan sepasang bagian dari layar TFT tradisional dengan layar OLED. Hal ini membuat ponsel yang mengadopsi teknologi ini menawarkan waktu respon yang lebih cepat. Layar AMOLED ekstra tipis dan tidak membutuhkan cahaya latar yang mengacu pada teknologi yang mampu mengatur besaran piksel dengan konsumsi daya lebih rendah.

Terakhir layar Super AMOLED, yang didesain untuk memperbaiki kinerja AMOLED. Diklaim Super AMOLED berkemampuan lebih baik di bawah sinar matahari langsung. Super AMOLED adalah istilah Samsung untuk layar AMOLED dengan digitizer terintegrasi. Yang berarti bahwa lapisan yang mendeteksi sentuhan diintegrasikan ke dalam layar, bukan dilapisi di atas layar.

Sesudahnya ada Super AMOLED Plus, varian dari AMOLED ini menampilkan layar yang lebih cerah dan lebih hemat energi dibanding Super AMOLED. Serta menghasilkan gambar lebih tajam, lebih detail akibat peningkatan jumlah subpiksel.

4 Responses so far.

  1. Unknown says:

    jadi kalo beli smartphone yang paling bagus yang pake teknologi apa kah?

Leave a Reply